Tutorial ini saya harapkan hanya untuk anda yang sudah mempunyai pengetahuan dasar elektronika

Senin, 13 Februari 2012

TV ADA GAMBAR TIDAK ADA SUARA


Kerusakan Tv ada gambar tidak ada suara (bisu)
Kerusakan TV seperti ini banyak terjadi pada banyak merk TV dan kebanyakan disebabkan karena ada kerusakan pada rangkaian penguat audionya. 
Langkah-langkah yang bisa membantu adalah


1. Periksa sepekernya apakah masih bisa berfungsi baik/tidak yaitu bisa diukur dgn menggunakan multi tester ohm x 1. Salah satu ujung multi testernya disentuh-lepas-sentuh-lepas akan timbul suara kresek-kresek, dgn adanya suara tsb sambil diikuti penunjukan angka antara 4 ohm-16 ohm tergantung model lospekernya, berarti lospeker masih bisa menimbulkan suara.


2. Cek penguat akhir audionya, kebanyakan tv model saat ini penguat akhir audio ini menggunakan sistim IC. Sudah sangat jarang yg menggunakan rangkaian transistor. Letak Ic penguat suara ini terhubung langsung dgn speker. Jadi tdk sulit untuk mencarinya. Ukur tegangan suplaynya apakah sudah masuk ke IC tsb? kalau belun anda harus menelusuri kenapa IC tsb tdk mendapatkan tegangan, cek resistor2nya & regulatornya, rata2 tegangan yg dibutuhkan utuk IC penguat Akhir ini berkisar antara 12 - 30 vol dc.(tergantung model )
3. Kalau tegangan untuk Ic tsb ngedrop coba ICnya dilepas lalu coba tv dihidupkan, kalau kondis IC dilepas lalu teganganya bi sa normal, coba ganti Ic- nya.
Pernah dijumpai kerusakan tv bisu kerusakan terjadi pada rangkaian Rf-nya, pernah juga karena mathsing cuner yg tdk tepat, tapi kerusakan pada tingkat ini jarang terjadi.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Pa kalau tv saya bergambat bersih tapi suaranya tidak bersih, tapi ada beberapa channel yang bersuara bersih dan ada yang bersih, apa yang salah ya pa? Asalnya sih semua channel bersih .
Terima kasih pa

UJIYANTO mengatakan...

Gan mau nanya nih, tv merk Niko, nangkep siaran, gambar bening suara bisu, tapi kalau pake vcd player gambar normal suara normal, ada satu lagi gejalanya yaitu ga bisa nyangkol buat pencarian otomatis,,, kalo pencarian manual bisa nangkep siaran bening cuma itu suara bisu.
apa ada solusi gan? sebelumnya terimakasih.