Tutorial ini saya harapkan hanya untuk anda yang sudah mempunyai pengetahuan dasar elektronika

Senin, 13 Februari 2012

Kerusakan TV mati total


Kerusakan tv mati total ( tidak ada gambar,tidak ada suara). Kerusakan tv mati total langkah2 yg perlu dilakukan :


  1. Pastikan bahwa tidak ada gangguan pada aliran listriknya. Bagus ?
  2.  Cek sikring, bagus?
  3.  Cek tegangan pada input power suplay yaitu tegangan skitar 280 vdc pada elco yg paling besar.(hati2 condensator ini pada beberapa tv suka menyimpan strum meski aliran ke listrik telah diputuskan) ,tegangan di inputnya bagus? 
  4. Cek tegangan ouputnya terfokus pada tegangan110v karena tegangan ini akan digunakan untuk suplay horisontal output baru ke tegangn lain2nya.  Sampai disini saya prediksikan bahwa rangkaian power suplay atau yg lebih sering disebut Ac-matik telah bisa bekerja normal, 
  5. lanjutkan dgn memeriksa rangkaian Horisontal. Berdasarkan pengalaman lapangan saya langsung potong kompas yaitu ngecek rangkaian horisontal output.
  6. Cek tegangan Colektornya sebelum masuk flaybak dan sesudah masuk flaybak, kalau rangkaian horisontal bekerja normal akan ada perbedaan yg cukup signifikan antara tegangan masuk ke flaybak dgn tegangan keluar dari flaybak. 
  7. Kalau tegangan ngedrop coba lepaskan transistor horisontalnya, kalau tegangan jadi bagus pada saat transistor dilepas berarti transistor tsb yg konslet. Ganti saja dgn yg baru. Sampai disini harapan saya tv sudah bisa menyala, tapi kalau belum & sudah ganti dgn yg baru tetapi hanya mampu hidup sesaat lalu transistor mati lagi perlu dicek lanjutan yaitu kualitas transistor yg dipasang. Kondisi flaybaknya itu sendiri dan perlu dicek juga Defleksinya. Kerusakan defleksi biasanya karena terbakar gulunganya atau ngefong dan kerusakan seperti ini bisa dilihat dgn mata telanjang, lain dgn kerusakan flaybak yg memang agak sulit diprediksi dgn mata atau dgn pengukuran sekalipun. Ada cara mudah untuk mengetes rangkaian Horisontal ouput / flaybak bekerja atau tidak adalah : a. Dengan mendekatkan tespen ke flaybak(ingat hanya mendekatkan saja tdk usah sampai menempel) kalau tespen menyala berarti horisontalnya bekerja. b. Langkah berbahaya & tdk dianjurkan bagi tehnisi pemula yaitu dengan melepas ujung kabel flaybak yg ada kop karet dari tabung /anoda. Pastikan ujung karet dlm kondisi tergantung tdk dekat dgn benda apapun, soalnya pada saat tv dihidupkan kalau horisontal bekerja akan timbul semburan tegangan. c. Dites menggunakan multi tester vol ac 1000 volt. Kabel hitam pada ground, kabel merah pada kolektor Transistor horisontal Out tapi pada kabel merah ini diberi jembatan Capasitor C104. d. Dengan menggunakan speker bekar radio atau sepeker tv. Pada min dapat ground dan pada plesnya ke colektor Transistor horisontal tapi jangan lupa pada salah satu kabelnya diberi jembatan elco 4,7 mf-150v. Kalau horisontal bekerja maka akan timbul suara mendenging. Besaran suara bisa untuk membandingkan di tingkat, oscilator, driver, output (suara di driver akan lebih keras dari pada ditingkat oscilator dan di output akan jauh lebih besar dari pada ditingkat driver. Sampai disini harapannya tv sudah bisa menyala tinggal lihat hasil gambarnya, kalau masih ada kurang mengenai tampilanya misalnya kurang lebar dan lainya bisa dicari lagi dgn membaca tutorial yg sesuai dibloik in

Tidak ada komentar: