Tutorial ini saya harapkan hanya untuk anda yang sudah mempunyai pengetahuan dasar elektronika

Jumat, 10 Februari 2012

TV Cina rusak gambar tertutup warna biru bergelombang

 Tv Cina gambar tertutup warna biru bergeloombang
 sementara suara bagus, tampilan layar ada gelombang warna yg bergerak.Kadang-kadang kerusakan seperti ini gambarnya akan muncul pelen - pelen setelah TV disetel hingga beberapa saat.
Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah
 
Kerusakan seperti ini sering terjadi pada beberapa merk tv cina, tv akari dll. Sementara orang menduga bahwa kerusakan seperti ini karena ada kerusakan pada ic video, atau ic croma.atau orang awam akan mengira rusak layarnya. Ternyata setelah saya menjumpai sekian banyak kasus kerusakan seperti ini adalah adanya kerusakan elco  pada filter regulator suplay Ic croma.

Kerusakan elco  ini kebanyakan bisa dilihat dgn mata bahwa elco yg rusak mengalami perubahan bentuk, warna elconya atau cacat fisik elconya, hamil atau kulitnya mau mengelupas. Ganti saja semua elco yg ada tanda2 rusak seperti itu dengan elco baru yg sama nilainya toh harganya tidak mahal, tetapi dalam penggantian elco ini yang sangat harus diperhatikan adalah posisi negatip dan positipnya. tidak boleh sampai terbalik. Maka sebelum anda melepas elco yang mau diganti harus diperhatikan posisi negatip positipnya. (Terbalik memasang elco ini bisa berakibat kerusakan fatal)
setelah diganti dengan yang baru TV dicba,. Insya Allah gambar sudah tampil bagus

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks ilmuny..