Tutorial ini saya harapkan hanya untuk anda yang sudah mempunyai pengetahuan dasar elektronika

Jumat, 10 Februari 2012

TV RUSAK ADA SUARA TIDAK ADA GAMBAR

Kerusakan tv ada suara tetapi tidak ada gambar
apabila tv dihidupkan gambar tidak mucul hanya ada suara seperti radio,ilayar tidak keluar sinar sama sekal layaknya tv tidak dihidupkan, kerusakan seperti ini sering terjadi pada beberapa merk tv. Orang awam mengira bahwa tv rusak layarnya atau rusak IC gambarnya. Tetapi dari pengalaman di meja kerja saya selama ini sudah banyak saya jumpai kerusakan tv seperti ini ternyata kerusakannya tidak sulit.
Ok. langsung saja bagaimana cara mengatasinya
Lepaskan kabel tv dari stok kontak listrik lalu buka tutup kesingnya. Bersihkan mesin kalau banyak debunya menggunakan kuas yang kering. Coba Tv dinyalakan dan periksa tegangan G2nya kalau bagus coba periksa tegangan filamen atau hitler layarnya. Untuk Tv Lg yang sedang saya hadapi ternyata tegangan G2nya normal. Setelah saya ngecek tegangan filamen layarnya ternyata nol volt. Dan begitu saya perhatikan filamen layar memang tidak menyala sama sekali, langsung saja saya urutkan jalurnya dan ternyata benar ada Resistor yang putus, karena nilai resistornya sudah tidak bisa dibaca maka saya ganti dengan Resistor 2,2 ohm 2 what. Ingat saat mengganti komponen Tv harus dalam keadaan mati dan agar aman selama proses penggantian komponen hubungan tv dengan stok kontak listrik saya cabut. Setelah selesai memasang komponen yang baru, Tv saya hidupkan dan gambar sudah muncul dengan sempurna. Karena gambar masih bagus maka saya tidak melakukan penyetelan scren maupun fokus. Tv saya tutup kembali dan siap intuk diserahkan kepada pemiliknya sekaligus terima duit.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih banget ya sangat membantu dan udah ku praktekan ternyata benar

Nazami mengatakan...

artikel yang menarik buat yang masih baru di dunia servis termasuk saya,,,O...Iya Mas,,ble nggak ditampilkan gambar yang nempel pada tv,termasuk R nya yang Rusak,,Thanks Info

Unknown mengatakan...

Jk tegangan normal tp gambar ttp gk muncul gmna,apanya yg rusak...

Rizj_Ady mengatakan...

mohon tanya saya pemula,dan saya punya tv merek beac buatan china.problemnya mati sikring tidak putus dan apabila di hidupkan mau start tidak ada tanda fertikal/horisontal.kalao di pencet ch nyala bondar tapi ilang mohon penjelasanya trimakasih

Anonim mengatakan...

mohon bantuan dengan gmbarnya ya mas

Unknown mengatakan...

Kalaw layar y horisontal yg rusak ap y y bro

Unknown mengatakan...

Saya juga alami hal yang sama g2 normal heather normal.

Unknown mengatakan...

Klo tv yang kayak ada petirnya lalu meteran lamu mati apa penyebabnya

Sang petualang mengatakan...

Udah gk update kayanya