Tutorial ini saya harapkan hanya untuk anda yang sudah mempunyai pengetahuan dasar elektronika

Kamis, 09 Februari 2012

Mengatasi kerusakan vertikal yang membandel

Ada pertanyaan dari rekan begini '' saya sudah skitar 5 thn terjun jasa servis tv, sudah berkali2 menghadapi kerusakan pada rangkaian vertikal namun selalu berhasil dan tidan ada masalah, tapi kali betul2 timbul masalah, Ic output vertikal sudah tak ganti baru, Defleksinya juga sdah tak coba ganti karena kebetulan punya tv sama. Tegangan pada rangkaian semua normal, tapi tetep vertikal tidak mau membuka, hanya timbul garis. Solusinya dong pak, sdah puyeng nih.... Suwun Yang sangat penting anda harus bisa mendeteksi letak kerusakan pada tingkat mana, pada tingkat outputnya atau pada tingkat ascilatornya. 
Caranya : 
1. anda lepaskan/netralkan input vertikal pada ic output vertikalnya, 
2.setelah netral masukin signal ac dari adaptor 3,5 volt tapi sebelumnya harus anda jembatani dengan kondensator 100 mf-50 volt. 
Kalau di injek signal ternyata raster pada layar mau membuka bararti kerusakan pada tingkat oscilatornya, tetapi kalau di injek signal tetap rester tidak mau membuka maka kerusakan terjadi pada rangkaian outputnya. 
Demikian semoga bisa membantu dan salam kompak

2 komentar:

Anonim mengatakan...

saya punya tv merk cina kadang tuh suka mati sendiri trs di nyalain lgi gk bs
lampu yg merah nya sih nyala cm tvnya gk bs nyala
kadang gambarnya tiba2 ilang tp suaranya ada
mohon bantuannya

Unknown mengatakan...

Terima Kasih untuk informasinya :)

Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah.

cv anugerah teknik abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa service ac, Cuci ac, Pasang ac, service Mesin cuci, service Kulkas dan elektronik lainnya di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.